Peraturan & Kebijakan

PERATURAN GRUP FACEBOOK #pendaki Indonesia

  1. Logo #pendaki Indonesia telah di daftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Pembuatan dan pemakaian logo #pendaki Indonesia harus seijin dan sepengetahuan Admin /  Pengelola Komunitas. Dilarang menyalahgunakan logo #pendaki Indonesia.
  2. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan
  3. Materi yang bertentangan degan nasionalisme dan bela Negara serta merendahkan lambang dan simbol Negara; menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan) serta yang berbau pornografi dan politik akan dihapus tanpa pemberitahuan.
  4. Materi yang mengacu kepada suatu penghasutan, dan atau memancing “kerusuhan”; membuat kegaduhan atau membuat berselisih pendapat yang berlarut- larut, seperti materi yang berbentuk pilihan politik tertentu, selera masakan tertentu, pendidikan tertentu, kelompok tertentu, dan sebagainya. Admin menganggap warga di dalam grup ini adalah insan yang intelektual. Materi yang dianggap tidak “intelektual” dan rancu akan dihapus tanpa pemberitahuan.
  5. Tentang penggalangan dana dan aksi sosial lainnya, admin akan sangat menghargai bila materi tersebut didiskusikan terlebih dahulu dengan admin sebelum diposting guna menghindari penipuan dan penyalahgunaan pada grup ini.
  6. Kami tidak bermaksud membatasi atau menghalangi rezeki, segala komersialisasi berbentuk barang dan jasa pendakian masal atau jasa lainnya tersebut diizinkan hanya pada hari JUMAT dan SABTU saja. Dalam sehari, seseorang hanya diizinkan posting jualan maksimal 3 (TIGA) kali posting saja. Bila ada modus penipuan dalam kegiatan diatas, maka itu diluar tanggung jawab #pendaki Indonesia. Materi bertanya tentang jual beli barang, atau mencari barang pendakian, hanya diizinkan pada hari JUMAT dan SABTU saja. Komen yang muncul di hari lainnya pada postingan ini yang membuat postingan naik ke atas juga berefek dengan dihapusnya postingan tersebut oleh Admin tanpa pemberitahuan.
  7. Materi yang tidak relevan dengan grup seperti; iklan lowongan pekerjaan, iklan lembaga pendidikan, dan iklan- iklan lainnya yang TIDAK BERHUBUNGAN dengan kegiatan alam bebas, tidak diperkenankan dan akan dihapus tanpa pemberitahuan.
  8. Postingan photo oleh member harus menyebutkan detail lokasi, bukan photo untuk tebak-tebakan atau sekedar iseng saja. Bila photo tidak disertai informasi yang cukup maka akan dihapus oleh admin tanpa pemberitahuan.
  9. Hal yang rancu lainnya yang belum tertulis di dalam aturan grup ini akan dihapus oleh admin setelah memberitahukan secara personal kepada yang bersangkutan.
  10. Pintu #PI sangat terbuka. Siapapun dapat masuk, sejauh dapat mengikuti aturan yang berlaku. Siapapun dapat keluar jika tidak berkenan dengan aturan yang berlaku, tidak berkenan ditegur, dan tidak berkenan dengan atmosfer grup ini. Walaupun anda bukan member, anda masih bebas untuk melihat segala-galanya yang ada di grup ini, kecuali anda di banned oleh admin.

 

 

KEBIJAKAN ADMIN PUSAT

Admin pusat dapat mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang sifatnya dinamis untuk memberikan arahan dan bimbingan yang dibutuhkan baik oleh Korwil maupun seluruh member. Kebijakan ini tentunya akan berubah seiring dengan perkembangan waktu dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kebijakan ini sifatnya mengikat dan harus ditaati.

Beberapa kebijakan Admin yang sudah dikeluarkan, antara lain :

  1. Bendera atau Logo #pi
    1. Bendera atau logo #pi pusat berwarna dasar putih.
    2. Bendera atau logo korwil #pi berwarna dasar merah.
    3. Bendera atau logo korwil dibuat oleh pusat untuk keseragaman, baik warna dan juga ukuran.
    4. Icon daerah / wilayah dari korwil tidak boleh lebih besar dari logo #pi.
  2. Keanggotaan #pi :
    1. Tidak mengikat dan tidak terikat serta tidak ada keterpaksaan. Semua dijalani dengan rasa keikhlasan.
    2. Tidak diperbolehkan untuk membuat KTA (Kartu Tanda Anggota), maupun nomor registrasi anggota.
  3. Korwil #pi :
    1. Pembentukan korwil didasari oleh keinginan dari member diwalayah yang bersangkuta atas inisiatif sendiri, bukan karena penunjukan dari admin pusat.
    2. Untuk membentuk korwil harus ada rekomendasi / usulan / masukan dari korwil terdekat.
    3. Korwil dipegang oleh sedikitnya dua orang, agar bisa saling mengisi (saat salah satu sibuk / ada keperluan yang penting dalam jangka waktu yang tidak ditentukan).
    4. Korwil mempunyai wewenang dan kebijakan dalam mengatur anggotanya dan juga dalam melakukan kegiatan-kegiatan didalamnya.
    5. Korwil tidak diperkenankan untuk membuat stempel, tidak diperkenankan membuat FB group korwil.
    6. Pergantian Koordinator / Korwil dilakukan oleh korwil dengan musyawarah membernya.
  4. Merchandise / Aksesories #pi :
    1. Segala bentuk aksesories #pi selain baju PDH, diperjual-belikan secara bebas. Siapapun bisa memilikinya.
    2. Korwil hanya diperbolehkan membuat 3 macam merchandise, yaitu : kaos, gantungan kunci dan pin dan maksimal pembuatan ke tiga merchandise tersebut adalah dua kali dalam setahun. Selain ketiga itu tidak diperbolehkan dibuat dan hanya boleh dibuat oleh pusat.
    3. Untuk sticker, siapapun tidak boleh membuat termasuk pusat.
  5. Baju PDH :
    1. Baju PDH hanya boleh dimiliki oleh Korwil dan member aktif yang secara nyata ikut mengembangkan dan memajukan #pi diwilayahnya.
    2. Bagi Korwil atau member aktif yang mengundurkan diri, maka PDH menjadi hak miliknya, kecuali bila melakukan pelanggaran / mencemarkan nama komunitas, maka PDH akan ditarik tanpa ada pengganti apapun.

 

  1. Kegiatan / Aktifitas :
    1. Kegiatan atau aktifitas internal #pi meliputi ; aksi sosial / bakti sosial, milad / ulang tahun korwil, kopdar / sharing, edukasi, pendakian bersama. Sedangkan yang sifatnya support keluar / kegiatan diluar ; milad komunitas, aksi sosial / bakti sosial,
    2. #pi tidak memperboleh membuat open trip . Dan semua korwil tidak diperkenankan mensupport open trip ataupun kegiatan yang bersifat menguntungkan pribadi atau pihak² tertentu.
    3. Segala macam bentuk aksi turun ke jalan (demo) yang tidak sesuai dengan misi dan visi #pi sebaiknya tidak menggunakan atribut #pi. Kecuali mendapat ijin dan persetujuan dari #pi Pusat.
head>