Profile

#PENDAKI INDONESIA

 

Sejarah Singkat

Awal dibentuknya komunitas #pendaki Indonesia pada tanggal 3 September tahun 1997 adalah adanya kesamaan dari teman-teman yang sehobi dalam melakukan kegiatan dialam bebas yang sering bertemu di internet, yaitu yang sering chatting di MIRC server DALNET room #pendaki. Dari sekedar mengobrol dan saling cerita pengalaman mendaki, caving, rafting dll, juga saling bertukar informasi seputar kegiatan alam dan dilanjutkan dengan bertemu di dunia nyata. Akhirnya muncul sebuah ide dan keinginan untuk memberikan kontribusi yang lebih yang bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya. Maka selangkah demi selangkah mulailah merealisasikan niatan tersebut. Dari mulai sering bertemu dengan teman-teman dari luar daerah, saling mengunjungi dan melakukan aktifitas alam bebas bersama.

Kemudian, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi informasi, #pi pun aktif di berbagai jejaring social dan media sosial dengan membuat mailing list (milist) #pendaki Indonesia di yahoo groups (https://groups.yahoo.com/neo/groups/Pendaki/info) dan juga hadir di group facebook pendaki Indonesia (https://www.facebook.com/groups/pendaki/) untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada teman-teman diseluruh Indonesia untuk bisa menuangkan ide, saran, kritik dan diskusi yang lebih bebas dan terbuka yang dapat diikuti siapa saja yang tertarik dan mempunyai minat dengan kegiatan alam bebas ini.

Misi dan Visi

Banyak ide dan buah pikiran yang positif  yang tertuang dan hadir dari keinginan rekan-rekan untuk bisa menyumbangkan sesuatu yang lebih berguna dan dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Mulai dari membuat web site / situs yang memuat kegiatan teman-teman dalam melakukan aktifitas alam bebas serta informasi dan artikel tentang pendidikan alam dan konservasi. Semua ini atas niatan yang tulus dari komunitas #pendaki untuk memberikan yang terbaik.

Selain itu kita juga mempunyai keinginan  untuk menyatukan para penggiat alam bebas baik yang tergabung dalam sebuah wadah organisasi Pecinta Alam maupun perorangan sehingga akan terjalin sebuah komunitas global yang dapat menampung aspirasi bersama. Juga ingin meluaskan jaringan komunitas ini meliputi seluruh nusantara, sehingga kita dapat berbagi ilmu, pengalaman dan juga informasi gunung, hutan, sungai, tebing, gua, taman nasional dll diseluruh Indonesia. Sehingga memudahkan kita untuk mencapai lokasi yang kita tuju.

#pendaki Indonesia adalah “Gateway” bagi para penggiat alam bebas dari berbagai kelompok maupun individu. Dimana #pendaki Indonesia menjembatani mereka dalam melakukan aktifitas dialam bebas maupun dalam menjalin sebuah komunikasi.

 Program

Program utama #pendaki Indonesia adalah memberikan informasi dan edukasi kepada member, anak-anak sekolah, juga kepada mereka yang menyukai kegiatan alam bebas. Dengan memberikan pengetahuan dasar kegiatan dialam bebas serta keahlian dalam bentuk sebuah forum diskusi ataupun dalam bentuk sharing dialam terbuka.

Selain itu #pendaki Indonesia juga mencoba untuk meluaskan jaringan ke berbagai wilayah di Indonesia untuk lebih memberikan peran dan kontribusi yang nyata. Melakukan kegiatan bersama lintas komunitas maupun dengan Instansi Pemerintah dan juga dengan pihak Swasta dalam ikut menjaga dan memelihara serta ikut melestarikan alam dan lingkungan.

Kegiatan

Kegiatan-kegiatan yang rutin dan sering dilakukan oleh #pendaki Indonesia adalah pendakian bersama ke berbagai gunung di Indonesia, melakukan kegiatan camping edukasi dengan mengajak keluarga untuk mengenal alam, menikmati dan mencintainya.

Disamping kegiatan rutin tersebut, #pendaki Indonesia kerap kali melakukan aksis sosial seperti penanaman pohon, donor darah, membantu membuat taman bacaan, dll juga ikut  membantu korban bencana yang terjadi diberbagai daerah di Indonesia seperti bencana gunung merapi, gempa, banjir, dll baik secara langsung maupun bekerja sama dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap), Sekolah Relawan, PMI dll.

head>