Survival

Teknik Dasar Survival

 

Survival adalah suatu tindakan yang paling awal yang dilakukan oleh setiap mahluk yang hidup untuk mempertahankan hidupnya dari berbagai ancaman, survival adalah perjuangan agar tetap hidup.

Dilihat dari kondisi alam Indonesia maka pengetahuan survival ini harus disesuaikan, juga dengan iklim tropis yang ada di negara kita. Di Indonesia daerah yang akan ditemui adalah : hutan belantara, rawa, sungai, padang ilalang, gunung berapai dan lain sebagainya.

Ada beberapa permasalahan yang akan kita hadapi, yaiutu masalah yang ada di alam (obyektif), masalah yang menyangkut diri kita sendiri (bahaya subyektif). Ada beberapa aspek yang akan muncul dalam smenghadapi survival:

  1. Psikologis        : panik, takut, cemas, kesepian, bingung, tertekan, dll.
  2. Fisiologis         : sakit, lapar, haus, luka, lelah, dll.
  3. Lingkungan     : panas, dingin, kering, hujan, angin, vegetasi, fauna, dll.

Ada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan survival, selain faktor keberuntungan (nasib baik/pertolongan Tuhan) :

  • Semangat untuk mempertahankan hidup.
  • Kesiapan diri.
  • Alat pendukung.

Beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi dalam menghadapi survival :

Perlindungan terhadap ancaman :

  • cuaca,
  • binatang,
  • makanan/minuman
  • penyakit

Untuk mengatasi keadaan cuaca yang dingin atau panas adalah dengan membuat bivak sebagai tempat perlindungan yang nyaman bagi kita dari ancaman faktor-faktor alam yang ekstrim, selain itu agar badan kita tetap nyaman, usahakan selalu memakai pakaian yang kering.

Makan dan minuman juga sangat penting dalam menghadapi keadaan yang genting dimana kita butuh tenaga / kalori untuk melakukan aktifitas. Untuk jelasnya silahkan baca Zoologi dan Botani praktis.

Api sangat berguna untuk menghangatkan tubuh kita, untuk memasak dan untuk melindungi diri kita dari ancaman binatang-binatang buas, teknik dan cara pembuatan api harus kita kuasai dengan baik. Membuat jebakan untuk mendapatkan makanan juga salah satu cara untuk tetap bertahan.

 

Tindakan dalam menghadapi survival :

Ingat semboyan ‘STOP’ :

 

S = Stop (berhenti)

T = Thinking (mulailah berpikir, dengan ketenangan berpikir akan mudah bertindak)

O = Observe (amati keadaan disekitar kita, apa yang bisa kita kerjakan)

P = Planning (buat perencanaan mengenai tindakan yang akan kita lakukan)

head>